Manajemen Informasi

Manajemen Informasi atau Information Management adalah pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan pemeliharaan data dan jenis informasi lainnya. Ini melibatkan pengumpulan, penyebaran, pengarsipan dan penghancuran informasi dalam segala bentuknya. Information management mencakup prosedur dan pedoman yang diadopsi organisasi untuk mengelola dan mengkomunikasikan informasi di antara individu, departemen, dan pemangku kepentingan yang berbeda. Manajemen ini berfokus pada tingkat kontrol yang dimiliki organisasi atas informasi yang dihasilkannya. Hal ini membutuhkan pembangunan sistem manajemen informasi khusus yang dirancang untuk membantu perusahaan menggunakan sumber dayanya untuk mendukung proses bisnis. Manajemen informasi juga berkaitan dengan bagaimana organisasi berbagi dan memberikan informasi kepada penerima yang beragam. Ini termasuk format, seperti informasi digital dan fisik, dan media, termasuk komputer, server, situs web, media sosial, perangkat seluler, dan aplikasi.

Manajemen Informasi dan Manajemen Data
Manajemen informasi dimulai dengan pembuatan dan pengumpulan data yang diolah dan dianalisis menjadi informasi. Langkah selanjutnya adalah penyimpanan, berbagi, dan pengarsipan ketika lebih banyak data saat ini tersedia. Proses ini berakhir dengan penghancuran informasi karena berbagai alasan, termasuk keamanan, kerahasiaan, biaya, dan kendala penyimpanan.

Manajemen Data adalah bagian dari manajemen informasi dan berkaitan dengan kebijakan, rencana, dan program yang melindungi dan mengontrol aset data dan informasi melalui siklus hidupnya. Manajemen data memberi organisasi kendali atas data bisnis mereka, yang dapat meminimalkan pelanggaran keamanan dan risiko lainnya bila dilakukan dengan benar.